KISRUH EROPA LEMAHKAN BURSA ASIA

Pasar saham Asia dan kurs euro terhadap dollar AS merosot pada perdagangan Kamis (3/11/2011) pagi ini. Kekhawatiran tentang krisis Eropa dapat menyebabkan kepanikan finansial membuat para investor menghindari aset berisiko.

Pasar komoditas AS juga melemah, mengikuti pelemahan pada bursa saham. Pemimpin Perancis dan Jerman marah karena pengumuman mengejutkan dari Yunani yang ingin menyelenggarakan referendum terhadap rencana talangan yang pekan lalu disepakati.

Mereka menyatakan, Yunani tidak akan menerimam satu sen pun dari Uni Eropa hingga mereka menentukan apakah ingin tetap bersama-sama di zona euro.

Indeks Nikkei tutup karena hari libur nasional, Kospi Korea turun 1,29 persen, Hangseng Hongkong melemah 2,47 persen dan indeks Australia S&P turun 0,49 persen.

Kemarin, bank sentral AS tidak menawarkan stimulus baru, tetapi mengisyaratkan kemungkinan akan membeli lagi surat utang berisiko tinggi untuk menggerakan perekonomiannya.

Pada perdagangan hari ini nilai tukar yen mengalami peningkatan yang signifikan terhadap dolar AS (02/11). Yen kembali bergerak rebound setelah selama dua hari berturut-turut mengalami penurunan tajam. Kembali menguatnya yen didorong oleh kekhawatiran gagalnya proses penyelamatan di kawasan Eropa.

Yen kembali menguat akibat tingginya minat terhadap safe haven. Kekhawatiran kegagalan proses penyelamatan Eropa terjadi setelah Senin kemarin PM Yunani secara tidak terduga mengumumkan sebuah pemungutan suara kepercayaan dan referendum nasional tentang kesepakatan utang Uni Eropa pada Kamis lalu, mengambil spekulasi politik dalam upaya untuk membungkam penentangan terhadap kebijakannya.

Yen bergerak menguat dan saat ini berada pada posisi 78.15 per dolar. Posisi yen saat ini mengalami peningkatan signifikan dibandingkan penutupan perdagangan dini hari tadi yang berada pada posisi 78.34 per dolar. Hari Senin lalu yen yang mengalami intervensi oleh BoJ anjlok tajam hingga sempat mencapai posisi 79.52 per dolar.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan nilai tukar yen pada perdagangan hari ini akan masih cenderung bergerak menguat terhadap dolar AS. Yen berpotensi untuk mengetes level resistance di 77.88 per dolar.

Masalah Eropa Tertangani, Wall Street Melesat 3%

NEW YORK – Harga saham di bursa Wall Street melonjak hingga tiga persen setelah adanya perjanjian dari para pemimpin Eropa untuk membantu mengatasi krisis utang sehingga membuat pasar percaya diri.

Dilansir dari Reuters, Jumat (28/10/2011), indeks Dow Jones Industrial Average naik 339,51 poin atau 2,86 persen ke posisi 12.208,55. Indeks Standard & Poor 500 naik 42,59 poin atau 3,43 persen ke 1.284,59. Serta Nasdaq Composite Index naik 87,96 poin atau 3,32 persen ke 2.738,63.

Penguatan ini ditimbulkan dari optimisme terhadap kesepakatan tersebut yang akan mencegah kesulitan keuangan yang meluas, sehingga bisa memicu pasar rebound pada Oktober ini.

Indeks S & P 500 naik lebih dari 13 persen bulan ini, sejak kenaikan terbesar bulanan pada Oktober 1974. Tetapi beberapa trader mengatakan pelaksanaan perjanjian tersebut akan menimbulkan tantangan utama.

Sekadar informasi, setelah lebih dari delapan jam pertemuan, Kepala negara di Eropa, Dana Moneter Internasional, dan para bankir menyepakati dan juga meramalkan rekapitalisasi pemberian pinjaman untuk Eropa sebesar USD1,4 triliun.

Perjanjian tersebut mencakup ketentuan-ketentuan obligasi Yunani, meskipun keputusan tentang bagaimana merekapitalisasi bank-bank Eropa yang terhantam krisis dan meningkatkan dana penyelamatan Uni Eropa belum selesai.

“Orang-orang memiliki harapan yang terbatas untuk melakukan sesuatu yang menentukan, dan jika pasar benar, ini adalah permainan yang akan membuktikan bullish untuk pasar di jalan,” kata seorang manajer uang di Becker Capital Management, Robert Schaeffer

SUMBER:

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2011/11/03/10132482/Kisruh.Eropa.Lemahkan.Bursa.Asia.

http://vibiznews.com/news/forex/2011/11/02/yen-rebound-kisruh-eropa-kembalikan-minat-safe-haven

http://economy.okezone.com/read/2011/10/28/213/521543/masalah-eropa-tertangani-wall-street-melesat-3

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s